Friday, March 07, 2014

Shopping + Spotting!

Selalu ada untungnya kalo dapet libur pas weekdays. Nah, alhamdulillah di trimester ini gue dapet libur di hari Jumat, sementara di trimester sebelumnya libur di hari Senin. Jadi setelah meras otak kuliah dari hari Senin sampai Kamis, Jumat emang pas banget buat refreshing. Karena hitungannya weekday, public transport kayak bus, kereta, sama feri jadwalnya masih rutin. At least ke rute-rute 'rame' kayak ke CBD (Central Business District) busnya banyak, kasarnya dateng di halte tiap 15 menit sekali. Weekend? Duh. Udah CBD pasti rame, jadwal public transport juga kena imbas--bus yang biasanya 15 menit sekali bisa jadi 30 menit sekali.

Dan di hari Jumat ini, setelah minggu kuliah yang bener-bener bikin capek (serius, capeknya ga main-main) karena...well, suatu alasan yang kurang layak sih kalo disebut-sebut di blog...gue dan temen seperjuangan gue si Intan (btw doi vlogger loh, check her YouTube channel out!) memutuskan untuk ke kota. 'Kota' atau 'city' di sini tuh udah generic term buat dua pedestrian mall yang lumayan asik di sini, Hay St sama Murray St Malls. Dari kapan tau doi emang ada rencana untuk beli sepatu karena sepatu dia yang lama udah soak akibat kepinteran dia yang luwarbiyasa naroh blu-tack buat benerin bagian dalemnya, dan bisa ditebak, hasilnya jauh dari yang diharapkan. Jalan-jalan ini udah lumayan lama direncanain, dan beberapa hari sebelumnya gue dapet ide untuk plane spotting di Perth Airport. Apa itu plane spotting? Intinya, plane spotting itu aktivitas...ngeliatin pesawat. Yes, ngeliatin pesawat dan foto-foto. Kalo bener-bener niat, liat sekalian itu pesawat jenis apa, maskapai apa, apa nomor registrasinya, dan segala macem deh.

Anyway, gue dan Intan mengawali perjalanan ini dengan...ngebakso dan nyate ayam. Jadi ceritanya beberapa hari ini kita berdua udah teriak-teriak pengen banget masakan Indonesia (kedengeran sok banget ga sih? Baru juga empat bulan ngerantau hahaha) karena beberapa temen SMA kita hobi aja ngiming-ngimingi pake foto-foto jajanan mereka, entah di Path apa di LINE -___- selama ini biasanya kita kalo makan di luar makan di Taka, salah satu restoran Jepang yang terkenal murah (konon restoran itu direkomendasiin nyokap gue ke om gue--yang sekarang jadi ayah kos gue di sini--pas beliau pertama kali dateng ke Perth). Suatu hari di kelas, sambil ngerencanain perjalanan ini (kesannya jalan jauh banget ya -_-?), gue melempar sebuah pertanyaan...

Gue: "Jumat enaknya kita makan di mana nih?" (ini pertanyaan wajib tiap mau jalan-jalan, biar bisa menyesuaikan budget :-D)
Intan: "Mmm..." (mikir)
Gue: "GIMANA KALO DI SATAY SPOT AJA!"
Intan: "OIYA! Masa di Taka mulu?"
Gue: "Yoi, gue kangen banget ngebakso!"

Dan...begitulah. Satay Spot itu salah satu restoran Indonesia di Perth yang...mayan legend gitu dah. Setidaknya kebanyakan orang Indonesia yang tinggal di atau sering ke Perth pasti pernah denger, dan lokasinya juga strategis karena pas di antara Murray St sama Hay St Malls. Pas gue sama Intan nyampe, kebetulan restorannya belum buka, tapi udah halfway mau buka gitu deh. Pas akhirnya udah buka...yang jelas rasanya cukup menyenangkan untuk akhirnya bisa pesen makanan pake bahasa Indonesia hahaha.
Bakso, sate ayam, plus Teh Botol empat kotak, anyone?
Rasanya? Berhubung udah lama ga 'jajan' kayak gini...NIKMAT BANGET YA ALLAH. Saking semangatnya makan bakso lidah gue kebakar dan...masih kerasa sampe sekarang.Yang agak bikin sakit hati sih ga bisa nambah Teh Botol seenak jidat, berhubung satu kotak harganya $2.50 alias kira-kira Rp 25.000 :-/ yang jelas, ini salah satu sesi-makan-di-luar paling menyenangkan. Kelar makan, dengan seenak jidat kita duduk aja sambil ngobrolin masa-masa SMA (lagi, kesannya kita udah tua banget padahal baru lulus SMA berapa bulan :-|). Bisa ditebak, rata-rata yang keluar dari mulut kita sampah -_- thumbs up banget buat mas-mas dan mbak-mbak Satay Spot dan gue yakin dengan sabar dengerin berbagai sampah keluar dari mulut kita.

Kelar makan, langsung kita berdua ke toko sepatu. Awalnya ke City Beach (isinya alat-alat anak pantai gitu lah), tapi berhubung ukuran si Intan enggak ada, kita hijrah ke Hype. Oke, Hype ini salah satu toko yang PALING GUE HINDARI tiap kali gue ke kota. Alasannya sederhana. Isinya sepatu semua, mostly sneakers, yang modelnya oke-oke, dan label harganya selalu bikin sakit hati. Berhubung ini sama temen...okelah. Sementara si Intan nyoba dan bayar sepatunya, dengan sabar gue liat-liatin berbagai macem sepatu yang saat ini beyond my reach hahaha. Termasuk si ganteng Dr Martens warna merah marun :'''

Selanjutnya...the best part of the day, plane spotting! Rutenya, dari kota kita naik bus jurusan Perth Airport. Sehari sebelumnya alias kemaren, gue udah nyari info di website-nya Perth Airport tentang lokasi public viewing area di sana--jadi emang ada area khusus di bandara buat mengakomodasi orang-orang yang demen pesawat :-D di website itu ada peta ke public viewing area. Petanya gue save di iPad, dan itulah acuan satu-satunya gue dalam perjalanan spotting ini...

And this is how the adventure began...

Tau-tau, belum nyampe bandara, tiba-tiba busnya berhenti dan si sopir nyuruh semua penumpang turun. Ternyataaaaaa busnya itu emang kebetulan pemberhentian terakhirnya di Belmont, ga sampai ke bandaranya. Mau ga mau, gue harus nunggu bus berikutnya yang langsung ke bandara. Dan waktu itu bus selanjutnya baru bakal dateng 20-an menit lagi. Dan siang ini panasnya rada menjijikkan. Sampai 37 derajat. Oke banget.

Dalam perjalanan ke bandara (yang harusnya ga terlalu lama, tapi jadi lama berhubung busnya muter-muter), mostly gue...bengong. Sampai udah masuk suburb Perth Airport, ada papan penunjuk jalan (nama benernya apaan sih?) tulisannya 'public viewing area', dan itu nunjuk ke arah kanan. Busnya berhenti di bus stop di arah kiri. Dengan pede kita ikutin aja itu papan penunjuk jalan, ya udah...jalan kaki di pinggir jalan raya, di bawah sinar matahari yang lagi ngamuk, deru campur debu, dengan mobil yang bolak-balik-bolak-balik. Kita cuma ngandalin intuisi (-_-) sama peta kurang jelas yang ada di iPad gue. Lokasi tepatnya si public viewing area? Kita cuma bisa ngira-ngira, entah di sebelah kiri jalan apa di kanan jalan. Beberapa menit sekali ada pesawat takeoff di depan kita, jadi yang jelas kita yakin kalo kita makin deket sama runway dan pastinya makin deket sama public viewing area, karena si public viewing area itu adanya di pinggir runway. Pas ngelewatin salah satu petugas bandara, gue tanya dan emang dia nunjuk ke depan gitu aja. Pokoknya yang kita tau kita cuma harus jalan lurus. Entah sampai kapan. Panas banget, kita berdua cuma bawa air putih satu botol gede dan itu tinggal dikit, dan udah entah berapa puluh menit kita jalan kaki. Capek? Jangan tanya. Muka udah dekil karena keringetan. 

Tiba-tiba ada mobil Ford pullover di depan kita, dan dari pintu sebelah kanan (kursi sopir maksudnya) ada cowok keluar.

"Where are you guys going?" tanya dia.

Langsung gue jawab, "To the public viewing area."

"Do you need a lift? I can take you guys there."

Those are among the most beautiful words I've ever heard during my time in Perth.

Jadilah kita numpang mobil dia. Kenalan dan segala macem, sebutlah nama dia J. Ngobrol-ngobrol dikit, dan ternyata dia kerja di salah satu perusahaan jasa penyewaan mobil yang salah satu kantornya ada di deket bandara. Dari awal dia ngeliatin gue sama Intan jalan kaki selama entah berapa menit, dan rupanya dia iba gitu deh ngeliat kita udah jelas-jelas keringetan dan jalan kaki. Singkat cerita, akhirnya kita sampai ke public viewing area. Dan ternyata emang jarak antara tempat gue ketemu J sama public viewing area itu emang lumayan jauh. Naik mobil sih ga begitu kerasa, tapi kalo diterusin jalan kaki ya ga ngerti lagi sih keringet yang tumpah bakal tambah parah kayak gimana. Begitu sampai di parkiran public viewing area, entah berapa kali gue ngomong 'thank you' sama J. Bener-bener ga ngerti lagi gimana doi bisa mau ngasih tumpangan buat orang asing yang jalan kaki jauh 'cuma' buat ke public viewing area.

Dan gimana rasanya ada di public viewing area? MANTEP. Gue bener-bener suka pesawat emang belum lama, tapi dari kecil emang ada ketertarikan sendiri gitu deh...wajar, kerjaan emak emang berhubungan sama pesawat dan dari kecil gue lumayan sering lah naik pesawat (padahal waktu kecil takut banget banget banget naik pesawat, sampai pernah nangis kejer-kejer cuma karena tau bakal diajak naik pesawat). Kalo di Jakarta, mau plane spotting bakal susah banget buat gue. Bayangin aja bandara ada di Tangerang sama di Halim. Mau keluar ongkos berapa? Belum lagi waktunya, macetnya, blah, blah, blah. Di sini kan lebih leluasa naik public transport, dapet concession alias potongan harga karena gue mahasiswa, dan bandaranya ga begitu jauh meskipun ke sananya lama karena busnya muter-muter. Rasanya bener-bener...wow bisa sedeket ini sama runway sambil ngeliatin pesawat takeoff dan (kadang-kadang) landing. Handycam udah siap di tangan gue, jeprat-jepret si burung besi yang cakep-cakep.
Tempat duduk di public viewing area. Sengaja dibentuk mirip 'punuk'-nya Boeing 747.
Dan begitulah, tiap beberapa menit sekali gue nungguin pesawat yang takeoff dan gue jepret. Modal gue 'cuma' handycam, mana ada gue DSLR? Hasil foto-fotonya? Jujur...menurut gue banyak yang oke hahaha. At least buat ukuran first time spotter dengan kamera seadanya, not bad lah.
Virgin Australia. Sebenernya dapet jarak yang bagus, cuma...begitu gue jepret, tinggal ekornya doang yang ketangkep.
Salah satu maskapai yang selalu bikin gue penasaran, Singapore Airlines, lagi taxiing
Nemu juga Qantas, yang sama-sama bikin penasaran
Salah satu foto favorit gue. Kayaknya sih Beechcraft, entah maskapai apa, yang jelas gue suka banget liat percikan sinar mataharinya :-3
QantasLink, versi regionalnya si Kanguru Terbang. Kalo nggak salah ini Boeing 717.
Oke, buat yang foto di atas itu perlu cerita sendiri karena gue terkesan banget. Jadi, gue udah lama ngeliat si Emirates itu dari dia di apron (dengan begonya gue kira itu Etihad) sampai dia tau-tau taxiing. Dan ketika dia takeoff, gue lagi jalan-jalan di deket pager public viewing area dan handycam gue dalam kondisi KETUTUP. Begitu gue nengok dan liat si super ganteng ini takeoff, dengan jarak yang ga terlalu jauh sama public viewing area, gue panik! Buru-buru gue buka handycam gue, ganti ke photo mode, dan dengan tangan gemeter karena takut ga dapet fotonya, asal aja gue jepret. Setelah itu gue pasrah. Gue pikir gue ga dapet fotonya yang bagus, dan udah bete akut karena...seriously, HE WAS SO FRICKIN' CLOSE TO THE PUBLIC VIEWING AREA! Dan itu Boeing 777 [tepatnya Boeing 777-21H(LR)], yang selama ini cuma gue nikmatin ketampanannya dari foto-foto di Google Images (mulai agak terobsesi sejak tempat kerja nyokap gue mulai pake B777). Begitu gue buka foto-foto handycam gue...ta-da, ternyata DAPET FOTONYA. DAN SE-PAS ITU. Wow! Gue amazed banget karena dari awal gue udah nyangka pasti ga dapet foto si Emirates yang bagus. Dan kalo foto itu di-zoom, bakal keliatan banget nomor registrasi pesawatnya. Nomor registrasinya A6-EWC. Sampai sekarang gue masih terkesan banget. Pertama, karena gue yang belum pernah liat B777 tiba-tiba bisa liat langsung di jarak sedeket itu. Kedua, gue sama sekali ga nyangka bisa dapet foto yang pas. Thank God!
Dan si ganteng pun melanjutkan perjalanan
Setelah akhirnya puas dan capek karena panas yang ampun-ampunan, gue sama Intan memutuskan balik. Nah, mikir jalan kakinya sampai ke bus stop aja gue udah males banget, tapi mau gimana lagi? Jadilah kita jalan kaki...entah sampai kapan dan ke mana. Dan waktu itu panasnya makin menggila, plus air putih gue udah bener-bener abis. Keringet? Jangan tanya. Gue jalan makin ketinggalan di belakang karena...jujur, gue kalo jalan emang lambat, udah gitu kaki kanan gue sebenernya ga kuat jalan lama-lama karena pernah keseleo dua kali. Sebenernya pengen ambil iPod (isinya lagu-lagu The Corrs semua) di ransel biar ngurangin capeknya jalan, tapi bakal bener-bener mager banget buat berhenti, makan waktu lama cuma buat ambil iPod, pilih lagu, dan pasang headphone. Gue tahan-tahan dan terus aja jalan. Lagi-lagi gue mau jujur, gue berharap banget ada yang ngasih tumpangan lagi kayak si J tadi. Tapi ya...gue sadar gue sebenernya ga boleh berharap banyak dan kayaknya kok kesempatan kecil ya. Sementara itu, jarak gue sama Intan udah makin jauh. Mau gue kejar, takut capek sendiri.

Dan tiba-tiba ada sedan yang berhenti di depan gue. Si sopir buka kaca jendela pintu kiri, gue lewatin, dan dia tanya, "Why are you walking here? Get inside, I will give you a lift! Hurry up!" HUAH. Kalo kacamata hitam gue waktu itu gue buka, pasti keliatan mata gue berbinar. Gue teriak ke si Intan yang udah agak jauh di depan sambil nunjuk sedan yang udah gue naikin. Langsung dia muter balik dan duduk di kursi belakang.

Singkat cerita, kita ngobrol-ngobrol sama orang baik yang ngasih kita tumpangan itu. Sebut aja namanya C, dan dia kerja di bandara di...semacam bagian katering gitu. Anak-anaknya udah besar-besar, dan lulus dari Edith Cowan University juga, tapi bukan di kampus yang tempat gue dan Intan. Sama kayak J, ramahnya bukan main. Gue cerita dong, gue habis spotting, dan udah jalan kaki lumayan lama karena harus ke bus stop untuk nyari bus ke kota. Dengan semangatnya C cerita,

"I was heading to the other direction, but I saw you two and my guts kept telling me to turn around and help those girls. I think it was God telling me."

God, I wanted to cry.

Oke, bayangin. C nyetir ke arah yang BERLAWANAN sama arah yang dituju gue sama Intan, tapi dia liat kita berdua jalan kaki dan rela aja gitu muter balik demi nolong kita! Wow! Rela muter balik, dan dia dalam keadaan buru-buru karena harus ke tempat kerja dia. Speechless, dan lagi-lagi berkali-kali gue cuma bisa bilang 'thank you'. Akhirnya, dia turunin kita di tempat yang ga jauh dari bus stop, dan...sepanjang waktu gue nunggu bus, gue bener-bener terkesan sama J dan C. Oke, sebenernya gue tau kalo jangan gampang percaya sama orang asing. Tapi di sisi lain ga boleh berprasangka buruk, iya kan? Sebelumnya, gue pernah ngalamin kejadian serupa. Jadi gue lagi kedatengan tamu bulanan, dan di terminal bus di kota perut gue bener-bener sakit sampai gue ga bisa jalan. Bayangin gue selonjoran di lantai terminal bus yang rame (apalagi itu jam orang pulang kerja). Tiba-tiba ada kakek-kakek nyamperin gue, berusaha cari bantuan, dan karena...ga ada, gue blak-blakan aja cerita ke dia gue lagi dapet, dan perut gue sakit. Langsung aja gitu dia ngasih painkiller, sambil nasehatin gue untuk nambah asupan zat besi biar kalo dapet sakitnya berkurang. Jelas awalnya gue ga yakin nerima obat dari orang yang ga dikenal, tapi waktu itu gue basmalah aja, insya Allah orang ini niatnya baik. Sayang gue lupa namanya (aksen doi kental banget), tapi yang jelas gue bener-bener berterimakasih waktu itu sama dia. Kemudian dateng lah kejadian hari ini sama J dan C. Kadang enggak ngerti lah gue, Tuhan bisa ngirim bantuan dengan cara apa aja dan lewat siapa aja. Inget postingan sebelum ini gue nulis tentang pertanyaan (dan mungkin keraguan) gue tentang Tuhan dan segala macemnya? Perhaps through those people He is giving me a clear way to answer those questions.

Intinya, hari ini menyenangkan banget. Udah makan kenyang dengan jajanan ala Indonesia (walaupun agak nyiksa dompet dikit), si Intan dapet sepatu barunya, gue bisa liat pesawat dari deket dan dapet foto-foto yang lumayan (terutama si ganteng A6-EWC!), dan gue bisa ketemu orang-orang sebaik J sama C. Emang ga salah pilih refreshing hari ini.

Intan, kalo lo baca postingan ini, makasihbingit udah mau nemenin gue panas-panas dan sengsara jalan kaki di pinggir jalan bandara sampai maskara lo kayak panda, dan juga atas tips fotografi lo yang emang oke! Oh ya, dan makasih juga udah janji mau nemenin gue spotting lagi kapan-kapan...tenang, setelah kejadian hari ini gue rasa gue ga bakal spotting lagi sampai cuacanya bener-bener dingin, gue rela banget kok kalo perlu nunggu sampai winter!

To J and C, I don't know if you would ever read this or not, and if you did you wouldn't understand more than half of the content anyway. But, I thank you all sincerely for your simple acts of kindness that probably meant nothing to you, but to me it meant A LOT. I just didn't expect to find such nice and friendly people willing to help two strangers. I will always remember you two, and may God bless you all and give you something really, really nice in return for helping us. Hopefully someday, somewhere, somehow we shall meet again and I shall pay for your kindness!

No comments:

Post a Comment