Saturday, February 05, 2011

Livescore

Hmm...kenapa judulnya livescore? Kenapa ya? Kok bisa begitu? Ih gimana sih kok judulnya gitu?

Jadi tadinya kan gue baca blog anak sekolah gue gitu, terus yaa mendadak pengen nulis juga. Tapi gua bingung, mau nulis apa. Kebetulan gue lagi mantau livescore Fed Cup--Belgia vs AS, Rep. Ceko vs Slovakia, Jerman vs Slovenia, Rusia vs Prancis, Swedia vs Ukraina, sama Spanyol vs Estonia. Oh ya, Fed Cup itu turnamen tenis beregu putri antarnegara, mirip-mirip Uber Cup gitu lah kalo di bulutangkis. Berhubung V****n 1 S***t biasanya cuma nayangin final Fed sama Davis Cup (turnamen tenis beregu putra antarnegara), jadinya ya mau nggak mau gue harus cari livescore di internet. Tadinya mau livestream, tapi takut internet lemot, dan livestream Fed Cup itu nggak gratis alias bayar -_- pake kartu kredit gitulah, ndangerti juga saya, wong kartu kredit aja ndapunya -,-"

Tapi sebelumnya...apa itu livescore?

Kasarnya, livescore adalah sebuah layanan yang ngebantu lo buat tetep apdet skor suatu pertandingan olahraga. Inget, yang ditunjukkin cuma skor sama statistik pertandingan, jadi meskipun lo ga tau jalannya pertandingan, seenggaknya lo tau berapa skornya. Aplikasi livescore bisa lo cari di internet, banyak kok. Atau buat pengguna Blackberry, bisa pake ScoreMobile for Blackberry. Segala jenis olahraga bisa lo cek skornya di situ.

Meskipun sederhana, livescore ini bener-bener membantu. Jadinya lo tetep apdet sama hasil pertandingan. Nggak enaknya satu: lo ga bisa liat tim atau pemain favorit lo mainnya kayak apa. Misalnya lo ngeliatin skor pertandingan tenis, pemain favorit lo ketinggalan sekian poin. Lo cuma tau pokoknya lawannya lagi unggul, tapi lo gabisa tau apakah emang lawan pemain favorit lo lagi oke apa pemain favorit lo yang lagi dodol mainnya.

Nah, aplikasi livescore yang di situs Fed Cup ini agak lain. Selain diliatin skor dan statistik, diliatin juga gimana tiap-tiap poin itu dihasilkan. Misalnya, pemain A unggul 15 - 0 karena dianya melakukan backhand winner. Atau, pemain B ketinggalan 0 - 15 karena dia habis double fault pas servis. Jadi bisa dikira-kira lah apakah pemain-pemain pada main oke apa enggak.

Gue nggak terlalu inget sejak kapan gue mulai pakai livescore, kalo ga salah tahun 2009. Intinya waktu itu lagi ada turnamen, dan unfortunately turnamen itu ga ditayangin di TV kabel *apalagi TV biasa -,-*, dan gue kocar-kacir pengen tau hasilnya. Jadilah gue kenal livescore, waktu itu pake aplikasi ProTennisLive yang biasa ada di situs WTA Tour dan ATP World Tour.

Buat gue, livescore jelas berguna banget. Bisa diakses lewat komputer, hp, iPad...asik lah pokoknya. Kadang-kadang ada pertandingan seru yang berlangsung pas gue lagi di luar rumah--biasanya pas gue sekolah. Nggak mungkin kan gue bolos? Alternatif satu-satunya ya akses livescore via hp...dan cek skornya diam-diam di kelas saat guru tak melihat. Atau, cek skor pas lagi ke toilet. Amannya sih ngecek pas lagi istirahat, tapi resikonya temen-temen lo mikir lo aneh karena ekspresi muka lo berubah-ubah seiring dengan berjalannya pertandingan.

Kalo livestream, itu layanan yang memungkinkan lo nonton suatu pertandingan live di internet. Gue pernah coba, tapi karena internet rumah gue waktu itu luar biasa bekicotnya, malah ga enak sama sekali. Gue inget banget, waktu itu kualifikasi Australian Open, Jelena Dokic vs Alicia Molik. Pas set kedua--Dokic mimpin--tau-tau livestream-nya ngadat. Pas udah mulai jalan lagi, pertandingan udah selesai -,-

Entah siapa yang pertama kali nyiptain konsep livescore, yang jelas itu orang pengen gua peluk! Idenya sederhana, tapi very helpful! God bless that amazing person!

No comments:

Post a Comment